Guna mencapai Visi dan Misi, PT PLN Enjiiring memahami bahwa dinamika ketidakpastian di masa mendatang penuh dengan peluang dan risiko yang harus direspons secara cermat, tepat, dan hati-hati (prudent) berlandaskan praktik Governance, Risk Management, and Compliance (GRC) yang andal. Sebagai arah dan sikap bersama yang mencerminkan cara menilai risiko pada setiap aktivitas organisasi yang akan berpengaruh pada penerapan komponen manajemen risiko, maka ditetapkan Tata Nilai Manajemen Risiko di dalam Edaran Direksi PT Prima Layanan Nasional Enjiniring Nomor 01.001.P/DIR/PLNE/X/2021 tentang Statement of Corporate Intent Penerapan Manajemen Risiko Terintegrasi PT PLN Enjiniring.
Tata nilai manajemen risiko yang menjadi landasan perilaku seluruh insan PT PLN Enjiiring dalam mewujudkan praktik manajemen risiko di dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing dan dalam mendukung bisnis dan operasi yang dijalankan perusahaan sesuai dengan 18 panduan perilaku AKHLAK.
Bahwa dalam menghadapi ketidakpastian (uncertainty) yang semakin meningkat dari waktu ke waktu sebagai akibat dari dinamika global, regional maupun lokal yang semakin tinggi, maka Perusahaan harus memiliki kesiapan (preparedness) yang semakin kuat, untuk menekan atau mencegah terjadinya surprise yang berpotensi mengancam sumber daya dan bahkan kelangsungan perusahaan. Dalam rangka membangun kesiapan tersebut, maka diperlukan perubahan paradigma dalam pengelolaan perusahaan dari paradigma crisis management yang bersifat reaktif-korektif terhadap permasalahan (krisis) yang telah terjadi, menjadi paradigma risk management yang bersifat preventif terhadap potensi permasalahan (risiko) yang dapat terjadi. Guna memastikan terciptanya keselarasan dalam penerapan manajemen risiko di lingkungan Perusahaan, serta sebagai pedoman dalam proses perubahan paradigma tersebut hingga diharapkan risk management terbentuk sebagai budaya Perusahaan, maka disusun Pedoman Umum Manajemen Risiko PT PLN Enjiniring, selanjutnya disebut Pedoman, sebagai tindak lanjut Keputusan Direksi tentang Penerapan Manajemen Risiko di Lingkungan PT PLN Enjiniring.
Dewan Komisaris dan Direksi PT PLN Enjiniring berkomitmen untuk menerapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan.
PT Prima Layanan Nasional Enjiniring (“PLNE”) merupakan salah satu Anak Perusahaan PT PLN (Persero) yang bergerak dibidang jasa konsultansi enjiniring ketenagalistrikan dan saat ini sedang mengimplementasikan SNI ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (“SMAP”) di Lingkungan PLNE. Implementasi SMAP di lingkungan PLNE merupakan bukti nyata bahwa PLNE menjunjung tinggi nilai integritas dengan berpegang teguh pada prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) serta menerapkan Prinsip 4 No’s yaitu No Bribery, No Kickback, No Gift, and No Luxurious Hospitality.
Program implementasi SMAP merupakan salah satu bagian dari program transformasi PLN di lingkungan PLN Group untuk mewujudkan lingkungan PLN yang lebih efektif, efisien dan transparan dalam menjalan bisnis pada sektor ketenagalistrikan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan stakeholders. Selain itu, implementasi SMAP juga merupakan bagian dari implementasi core value BUMN yaitu AKHLAK yang merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.
Untuk mengimplementasikan SNI ISO 37001:2016 SMAP, PLNE telah menerbitkan kebijakan yang mendukung penerapannya yaitu Pedoman GCG, Pedoman PLNE Bersih dan Profesional, Pedoman Pengendalian Gratifikasi, Pedoman LHKPN, Kebijakan Sistem Pelaporan Pelanggaran (Whistleblowing System), Pedoman Perilaku (Code of Conduct), Kebijakan Anti Fraud, Kebijakan Pengelolaan Konflik Kepentingan serta Pedoman Manajemen Risiko.
Dengan penerapan SMAP ini diharapkan dapat memperkuat pondasi di dalam diri Insan PLNE untuk menyelenggarakan layanan jasa konsultansi enjiniring ketenagalistrikan yang tidak hanya semata-mata untuk meraih keuntungan ekonomis tetapi juga mempunyai komitmen dalam menjunjung nilai-nilai etika bisnis sehingga dapat terus menciptakan produk-produk yang berkualitas.
PLNE akan berkomitmen untuk selalu melakukan perbaikan berkelanjutan guna peningkatan implementasi SMAP.
Download Materi Sosialisasi Penerapan SMAP di Lingkungan PT PLN Enjiniring
Produk & Jasa Enjiring Kami
Copyright © 2022 PT Prima Layanan Nasional Enjiniring. All Rights Reserved.